laporan ppl metode penelitian sosial, kajian lingkungan hidup dan manajement proyek pembangunan

Minggu, 12 Juni 2011 Label: , , , ,


laporan ppl metode penelitian sosial






AMRANSYAH M. SATALI
B 401 08 137






ILMU PEMERINTAHAN
UNIVERSITAS TADULAKO
2009







BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang

Menurut Baswir, Revrisond, (1999) pada dasarnya pembangunan adalah proses perubahan yang terus menerus menuju kemajuan yang lebih baik. Pembangunan yang partisipatif mengutamakan pembangunan yang dilakukan dan dikelola langsung oleh masyarakat lokal. Model yangt demikian itu menekakan pada upaya pengembangan kapasitas masyarakat dalam bentuk pemberdayaan masyarakat ( sumodiningrat, 1999 ). Maka dari itu, berdasarkan informasi yang didapatkan dari kecamatan, tentang Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan ( PNPM MP ) masyarakat setempat di Desa Rarampadendre Kec. Dolo Barat Kab. Sigi mengikuti pembentukan kader KPMD di desa guna untuk melaksanakan proyek pembangunan di desa mereka dibawa naunagan PNPM MP.
Program Nasional Pemberdayaan masayarakat Mandiri Pedesaan ( PNPMP ) merupakan salah satu mekanisme program pemberdayaan masyarakat yang digunakan PNPM mandiri dalam upaya percepat penangulangan kemiskinan dan perluasan kesempatan kerja diwilayah pedesaan. PNPM mandiri pedesaan mengadopsi sepenuhnya mekanisme dan prosedur program pengembangan kecamatan (PPK) yang telah dilaksanakan sejak 1998. PNPM mandiri sendiri dikukuhkan secara resmi oleh presiden republik indonesia pada tanggal 30 april 2007 dikota palu, sulawesi tenggah.
Visi PNPM mandiri pedesaan tercapainnya kesejahteraaan kemandirian masyarakat miskin pedesaan. Kesejahteraaan berarti terpenuhinya kebutuhan dasar masyarakat. kemandirian berarti mampu mengorganisir diri untuk memobilisasi sumberdaya alam yang ada dilingkungganya , mampu mengakses sumber daya dilingkungannya, srta mengelolah sumberdaya tersebut untuk mengatasi masalah kemiskinan.
Misi PNPM mandiri pedesaan :
1.      Peningkatan kapasitas masyarakat dan kelembagaanya :
2.      Pelembagaan sistem pembangunan parsitifatif
3.      Pengefektifan fungsi dan peran pemerintahan lokal
4.      Peningkatan kualitas dan kuantitas prasarana dan sarana sosial dasar dan ekonomi masyarakat
5.      Pengembangan jaringan kemitraan dalam pembangunan
Proyek pembangunan yang dicanangkan oleh PNPMMP didesa rarampadende adalah proyek pembangunan BAK penampungan air bersih, yang oleh masyarakat setempat sangat diterima dengan baik atas pembangunan tersebut, karena sangat sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang ada.
Adapun anggaran yang digunakan dalam pembangunan BAK air bersih tersebut, senilai Rp. 229. 880. 000, 00. Dengan diadakan tender untuk pabrikasi, dan untuk lokal dengan suadaya dari masyarakat setmpat untuk pelaksanaanya dibentuk pula tim pengelolah kegiatan (TPK), untuk mengetahui kelancaran admnistrasinya, dan untuk pekerjaan lain ditangani oleh masyarakat secara langsung dibantu oleh 18 orang yang dibagi kedalam tim, yaitu tim penulis usulan, tim pemantau, tim pengawas, dan tim lelang.

untuk lebih lengkapnya silahkan


2 komentar:

  • terimakasih, sya copy ya. semoga amal kebaikan dibalas oleh Tuhan,AMIN...

  • Tabe ku kopiomo, makasiiiiiiiiiiiiiii

  • Posting Komentar

    BERKOMENTARLAH MENGUNAKAN KATA-KATA YANG BAIK

     
    cHiLd________IsLaNd © 2011 | Design Template by cHiLd________IsLaNd | Template Blogger Name | Uniqx Transparent 2.0 | Uniqx Transparent 2.0
    close

    Sumber : http://ut2a-4down.blogspot.com/2012/03/cara-buat-recent-post-headlines-news.html#ixzz1pRGLqU2o