MAKALAH KAJIAN KETAHANAN NASIONAL

Jumat, 24 Juni 2011 Label: , ,


Kajian Ketahanan Nasional






AMRANSYAH M. SATALI
B 401 08 137






ILMU PEMERINTAHAN
UNIVERSITAS TADULAKO
2009 



BAB I
PENDAHULUAN

1.      Latar Belakang dan Proses Kajian Ketahanan Nasional  
Seperti yang kita ketahui bahwa ketahanan nasional dan bela negara telah dilakukan oleh bangsa Indonesia, bukan hanya oleh para pejuang bangsa Indonesia tetapi juga oleh nenek moyang kita. Ketahanan Nasional dan Bela Negara itu tidak hanya mencakup ketahanan dan pembelaan negara pada saat terjadi perang tetapi juga mencakup rasa patriotisme yang ada dalam setiap individu sebagai perwujudan rasa cinta tanah air Indonesia.
Sebagai warga negara Indonesia, terlepas dari warga keturunan atau warga pribumi, hendanya kita mempunyai pengetahuan tentang apa yang dimaksud dengan ketahanan nasional dan bela negara dan bagaimana cara melakukan serta menerapkannya, baik dalam arti ruang lingkup secara luas maupun dalam arti ruang lingkup secara sempit.
A.       Latar belakang
1.        Dengan pembangunan ketahanan nasional melalui pendekatan dari bawah maka diharapkan dapat tercapai kondisi keamanan nasional yang menjamin kelangsungan hidup bangsa dan Negara dan sekaligus pelaksanaan pencapaian tujuan nasional suatu bangsa.
2.        Didalam pencapain tujuan nasional harus dibutuhkan Kemampuan baik secara fisik atau non fisik yang yang benar-benar matang, kemampuan itu dapat dilihat sebagai power dan sebagai ketahanan dan bela Negara dalam suatu bangsa dan Negara.
B.       Proses kajian untuk merumuskan konsep ketahanan nasional :
1.        kajian oleh ilmuwan asing
2.        kajian oleh institusi pemerintah ( dep. Hankam, lenhamnas )
3.        rangkaian TAP MPR ( GBHN )
4.        Kajian oleh perguruan tinggi 

untuk lebih lengkapnya silakan klik




0 komentar:

Posting Komentar

BERKOMENTARLAH MENGUNAKAN KATA-KATA YANG BAIK

 
cHiLd________IsLaNd © 2011 | Design Template by cHiLd________IsLaNd | Template Blogger Name | Uniqx Transparent 2.0 | Uniqx Transparent 2.0
close

Sumber : http://ut2a-4down.blogspot.com/2012/03/cara-buat-recent-post-headlines-news.html#ixzz1pRGLqU2o