MENGAPA WANITA HARUS BERHIAS ???

Sabtu, 22 September 2012 Label:


Tampil cantik enggak ada yang melarang, tapi tampil cantik sesuai dengan aturan islam boleh-boleh saja. Nah kayaknya kamu kudu gaul soal pandangan tentang konsep cantik itu sendiri. Islam, sebagai agama yang sempurna tentu memiliki seperangkat aturan yang bisa menyelamatkan manusia. Termasuk ketika mengatur penampilan kaum wanita.”Dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang jahiliyah (yang dahulu)”.(QS.Al-ahzab:33).
Cantik menurut islam bukan cuma dari sisi fisiknya saja akan tetapi akhlak lebih di utamakan (inner beauty). Percuma aja kan cantik, tapi kepribadian kita amburadul, itu sih benar-benar gawat. Dalam sebuah hadist juga disebutkan bahwa dunia ini ibarat perhiasan, maka sebaik – baik perhiasan adalah wanita sholihah. Tu’kan bukan wanita yang cantik dalam pandangan seperti sekarang ini, nggak ada dalam kamus islam , rukun islam apalagi rukun iman , rukun tetangga, rukun warga, lho…lho.. kok malah nyasar. Jadi intinya, kita boleh tampak cantik, tapi jangan berlebihan.
Mungkin anda merasa gamang pada awal permulaan, karena malu berubah dan berkata.”Islam tidak rela anda menjadi pembeo dan wanita tak berkepribadian”. Mulailah perjalanan dengan kepribadian tegar, paham, sadar dan kokoh. Saudariku memang benar keberadaan seorang wanita nggak bisa lepas dari kebutuhan akan perhiasan demi keindahan. Ada salah satu tabiat dan fitrah wanita, sebagaimana firman Allah:
“Dan apakah patut (menjadi anak Allah) orang yang dibesarkan dalam keadaan beperhiasan…” (Az-Zukhruf:18)
“Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita sholihah” (HR. Muslim).
Hadist diatas bukan berarti wanita tidak akan menjadi wanita sholihah jika tidak meninggalkan perhiasan. Bukan, bukan itu maksudnya! siapapun wanita itu boleh saja mengenakannya, asalkan nggak keluar dari aturan-aturan orang-orang waras ataupun agama islam. Kalau ia berada ditengah-tengah perkumpulan wanita, ia hanya berpenampilan sangat bersahaja. Yang penting baginya adalah menampilkan keindahan yang hakiki, yaitu: akhlak, etiket dan intelektualitasnya.
Gimana teman-teman, setuju nggak???
Ada satu syair yang mungkin bisa menjaga fitrah yang telah diberikan Allah kepada kita, syair – syair yang pernah diungkapkan oleh ‘Aisyah at timuriyah:

“Dengan kesucian jiwaku, kuperoleh derajat yang lebih tinggi dari wanita lain sejenisku
Dengan ide kepeloporan dan inisiatifku kusempurnakan akhlakku
Keluhuran budi pekerti dan kecerdasan sama sekali tidak merugikan
Rasa maluku tidak menghalangiku tuk menggapai keagungan
Sebaliknya aku tidak bisa menghindar dari hinaan orang jika kulepas jilbabku.

0 komentar:

Posting Komentar

BERKOMENTARLAH MENGUNAKAN KATA-KATA YANG BAIK

 
cHiLd________IsLaNd © 2011 | Design Template by cHiLd________IsLaNd | Template Blogger Name | Uniqx Transparent 2.0 | Uniqx Transparent 2.0
close

Sumber : http://ut2a-4down.blogspot.com/2012/03/cara-buat-recent-post-headlines-news.html#ixzz1pRGLqU2o