MAKALAH
ETIKA
PEMERINTAHAN
“Pelayanan Publik Ditinjau Dari Sisi
Etika Profesi”
OLEH :
AMRANSYA M. SATALI
B 401 08 137
Program Study Ilmu Pemerintahan
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS TADULAKO
2011
KATA
PENGANTAR
Segala puji bagi Tuhan Yang Maha Esa dan ucapan terima kasih
bagi semua pihak yang telah membantu terselesaikannya makalah saya yang
berjudul “ Pelayanan Publik Ditinjau Dari Sisi Etika Profesi” ini.
Dalam kurun waktu yang telah diberikan, saya berupaya sebaik
mungkin menyusun makalah ini. Makalah ini disusun untuk melengkapi tugas mata
kuliah “Etika Pemerintahan”.
Terima kasih saya ucapkan kepada semua pihak yang telah
membantu dalam penyelesaian makalah ini.
Mudah-mudahan makalah yang singkat dan sedrhana ini
bermanfaat dan dapat memberikan sumbangan bagi kepentingan dan perkembangan
perkuliahan Etika pemerintahan.
Akhir kata “ Tak Ada Gading yang Tak Retak” sehingga
penyusun menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna mengingat tingkat
pengetahuan penyusun yang sangat terbatas. Oleh karena itu, kritik dan saran
dari pembaca sangat diharapkan demi perbaikan makalah ini.
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Pelayanan publik pada dasarnya menyangkut aspek kehidupan
yang sangat luas. Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, maka pemerintah
memiliki fungsi memberikan berbagai pelayanan publik yang diperlukan oleh
masyarakat, mulai dari pelayanan dalam bentuk pengaturan ataupun
pelayanan-pelayanan lain dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat dalam bidang
pendidikan, kesehatan, utilitas, dan lainnya. Berbagai gerakan reformasi publik
yang dialami oleh negara-negara maju pada awal tahun 1990-an banyak diilhami
oleh tekanan masyarakat akan perlunya peningkatan kualitas pelayanan publik
yang diberikan oleh pemerintah.
Peningkatan kualitas pelayanan publik mutlak diperlukan
mengingat kondisi sosial masyarakat yang semakin baik sehingga mampu merespon
setiap penyimpangan dalam pelayanan publik melalui gerakan maupun tuntutan
dalam media cetak dan elektronik. Apalagi dengan adanya persaingan terutama
untuk pelayanan publik yang disediakan swasta membuat sedikit saja pelanggan
merasakan ketidakpuasan maka akan segera beralih pada penyedia pelayanan publik
yang lain.Hal ini membuat penyedia pelayanan publik swasta harus berlomba-lomba
memberikan pelayanan publik yang terbaik. Ini yang seharusnya ditiru oleh
penyedia pelayanan publik pemerintah sehingga masyarakat merasa puas menikmati
pelayanan publik tersebut.
B.
Tujuan
Berdasarkan latar belakang di atas, tujuan dituliskannya
makalah ini adalah agar kita dapat:
1.
Mengetahui tentang peranan dan kebijakan pelayanan publik.
2.
Mengetahui etika pelayanan publik.
3.
Mengetahui permasalahan pelayanan publik di Indonesia.
4 komentar:
Maksih Kawan, sy bisa menyelesaikan tugas saya
Sukses buat kawan, Salam FOKKERMAPI
okey sama-sama kawan, slam fokkermapi
Thankyou kak.. Salam fokkermapi :)
@dwi irsyandini iya sama2 de,.... :)
Posting Komentar
BERKOMENTARLAH MENGUNAKAN KATA-KATA YANG BAIK