BIROKRASI PEMERINTAH

Rabu, 18 Januari 2012 Label:


Menurut weber tipe ideal birokrasi yang rasional itu dilakukan dalam cara-cara berikut :
1.  Individu pejabat secara personal bebas, akan tetapi dibatasi oleh jabatannya manakalah ia menjalankan tugas-tugas atau kepentingan individual dalam jabatanya. Pejabat tidak bebas menggunakan jabatanya untuk keperluan dan kepentingan pribadinya termasuk keluarganya.
2. Jabatan-jabatan itu disusun dalam hierarki dari atas sampai bawah dan kesamping. Konsekuensinya ada jabatan atasan dan bawahan, da nada pula yang menyandang kekuasaan lebih besar da nada yang lebih kecil.
3. Tugas dan fungsi masing-masing jabatan dalam hierarki itu secara spesifik berbeda satu sama lain.
4.Setiap pejabat mempunyai kontrak jabatan yang harus dijalankan. Uraian tugas (job description) masing-masing pejabat merupakan domain yang menjadi wewenang dan tangung jawab yang harus dijalankan sesuai dengan kontrak.
5.Setiap pejabat diseleksi atas dasar kualifikasi profesionalitasnya, idealnya hal tersebut dilakukan melalui ujian yang kompetitif.
6.Setiap pejabat mempunyai gaji termasuk hak untuk menerima pension sesuai dengan tingkatan hierarki jabatan yang disandangnya. Setiap pejabat bisa memutuskan untuk keluar dari pekerjaan dan jabatannya sesuai dengan keinginannya dan kontrakannya bisa diakhiri dalam keadaan tertentu.
7. Terdapat struktur pengembangan karir yang jelas dengan promosi berdasarkan senioritas dan merid sesuai dengan pertimbangan yang objektif.
8.Setiap pejabat sama sekali tidak dibenarkan menjalankan jabatannya dan resources intansinya untuk kepentingan pribadi dan keluarganya.
9.Setiap pejabat berada dibawah pengendalian dan pengawasan suatu system yang dijalankan dengan secara disiplin (weber, 1978 dan albrow, 1970)



2 komentar:

  • fontnya kasih baik bro biar pembaca juga senang memandang nya!

  • ok maksi bro atas saranx.......!!!!

  • Posting Komentar

    BERKOMENTARLAH MENGUNAKAN KATA-KATA YANG BAIK

     
    cHiLd________IsLaNd © 2011 | Design Template by cHiLd________IsLaNd | Template Blogger Name | Uniqx Transparent 2.0 | Uniqx Transparent 2.0
    close

    Sumber : http://ut2a-4down.blogspot.com/2012/03/cara-buat-recent-post-headlines-news.html#ixzz1pRGLqU2o