TIPE TIPE PENELITIAN

Senin, 13 Februari 2012 Label: , ,
Berikut ini tipe-tipe penelitian, yang pada umumnya dapat digolongkan kedalam tipe-tipe yang sering dilakukan. meskipun demikian banyak macam dan tipe lainya, pada umumnya dapat dimasukan kedalam salah satu tipe yang dikemukakan ini atau dikombinasi diantara tipe-tipe ini.
  1. penelitian historis, bertujuan untuk mendiskripsikan apa-apa yang telah terjadi pada masa lampau, proses-prosesnya terdiri dari penyelidikan, pencatatan, analisis dan menginterpretasikan peristiwa-peristiwa masa lalu guna menemukan generalisasi-generalisasi. generalisasi tersebut dapat berguna untuk memahami masa lampau, juga keadaan masa kini bahkan secara terbatas bisa digunakan untuk mengantisipasi hal-hal mendatang. 
  2. penelitian eksplorastif/penjajakan, penelitian ini bertujuan untuk mencari hubungan-hubungan baru yang terdapat pada suatu permasalah yang luas dan kompleks. penelitian ini juga bertujuan untuk mengumpulkan data sebanyak-banyaknya. setelah dianalisa diharapkan hasilnya menjadi hipotesa buat penelitian berikutnya, dan penelitian eksploratif itu sendiri tidak memakai hipotesa, karena kompleksnya data yang akan diteliti tidak mungkin untuk dirumuskan atau tidak bisa disusun hipotesannya.
  3. penelitian deskriptif, bertujuan untuk mendeskripsikan apa-apa yang saat ini berlaku. didalamnya terdapat upaya mendeskripsikan, mencatat, analisis dan menginterpretasikan kondisi-kondisi yang saat ini terjadi atau ada. dengan kata lain penelitian deskriptif bertujuan untuk memperoleh informasi-informasi mengenai keadaan saat ini, dan melihat kaitan antara variabel-variabel yang ada. peneliti ini tidak menguji hipotesa atau atau tidak mengunakan hipotesa, melainkan hanya mendeskripsikan informasi apa adanya sesuai dengan variabel-variabel yang diteliti. penelitian semacam ini sering dilakukan oleh pejabat-pejabat guna mengambil kebijakan atau keputusan untuk melakukan tindakan-tindakan dalam melakukan tugasnya.
  4. penelitian eksplanatori (penjelasan/eksperimen), bertujuan untuk menjelaskan apa-apa yang akan terjadi bila variabel-variabel tertentu dikontrol atau dimanipulasi secara tertentu. fokus penelitian pada ukuran antar variabel. dalam hubungan ini kesengajaan mengadakan manipulasi terhadap sesuatu variabel, selamanya merupakan bagian yang tak terpisahkan dari metode eksperimen. penelitian ini dapat dikatakan sebagai penelitian pengujian hipotesa yang menguji hubungan sebab akibat diantara variabel yang akan diteliti.



referensi : Drs. Mardalis, metode penelitian suatu pendekatan proposal, bumi aksara, jakarta, 2009

2 komentar:

  • Poskan Komentar

    BERKOMENTARLAH MENGUNAKAN KATA-KATA YANG BAIK

     
    cHiLd________IsLaNd © 2011 | Design Template by cHiLd________IsLaNd | Template Blogger Name | Uniqx Transparent 2.0 | Uniqx Transparent 2.0
    close

    Sumber : http://ut2a-4down.blogspot.com/2012/03/cara-buat-recent-post-headlines-news.html#ixzz1pRGLqU2o