WISATA BANGGAI KEPULAUAN : Makam Raja Mandapar

Senin, 28 Januari 2013 Label:
    Makam Raja Mandapar terletak di kelurahan Lompio, kota Banggai. Kab. Banggai Kepulauan Makam yang hanya terbuat dari timbunan batu-batuan yang sangat sederhana berbeda dengan makam raja yang terdapat di daerah lain. Raja Mandapar wafat dan dimakamkan pada tahun 1625 setelah 25 tahun ia memimpin kerajaan. Raja Mendapar dikenal sebagai Raja Banggai pertama yang dilantik pada tahun 1600 M oleh Sultan Said Berkad Syam dari Kerajaan Ternate dengan gelar Mumbu Doi Godong. Raja Mandapar adalah putera dari pasangan panglima perang Kesultanan Ternate, Adi Cokro, dan seorang putri Portugis. Ayahnya merupakan tokoh yang berjasa menyatukan wilayah Kepulauan Banggai dengan Daratan.
    Lokasi makam ini sangat strategis karena berada tepatnya dalam kota banggai dan diatas datar tinggi sehingga bangi pengunjung yang datang ditempat ini bisa menikmati panorama yang terbentang di sekitar teluk Banggai yang dipenuhi dengan para nelayan yang sedang beraktifitas dengan perahu tradisionalnya di perairan teluk banggai. jarak yang ditempuh dari pelabuhan penyeberangan ke makam ini kurang lebih 2 km. dengan mengunakan kendaraan roda dua, 3 (bentor atau becak) dan 4 dengan biyaya yang sangat sedik. disekitar lokasi ini juga tersedia hotel dan penginapan dan warung makan. Kelemahan objek wisata ini ketidak adanya kepedulian pemerintah setempat untuk mengembangkan atau mengelola sehinga makam ini tetap terjaga.

     
  


1 komentar:

  • Ayoo download aplikasi MYDRAKOR di GooglePlay gratis, menonton film drama korea, MYDRAKOR menghadirkan film drama korea terbaru dan tidak akan tertinggal untuk menontonnya, MYDRAKOR pilihan streaming film drama korea.

    https://play.google.com/store/apps/details?id=id.mydrakor.main&hl=in

    https://www.inflixer.com/

  • Posting Komentar

    BERKOMENTARLAH MENGUNAKAN KATA-KATA YANG BAIK

     
    cHiLd________IsLaNd © 2011 | Design Template by cHiLd________IsLaNd | Template Blogger Name | Uniqx Transparent 2.0 | Uniqx Transparent 2.0
    close

    Sumber : http://ut2a-4down.blogspot.com/2012/03/cara-buat-recent-post-headlines-news.html#ixzz1pRGLqU2o